Franchise atau waralaba yang awalnya adalah suatu konsep pemasaran berkembang menjadi suatu konsep bisnis yang mempunyai format dan memiliki kriteria-kriteria keunggulan.
Franchise merupakan juga suatu strategi perluasan.
Kriteria-kriteria tersebut adalah :
- Usaha telah sukses & dapat dibuktikan.
- Mempunyai keunikan baik didalam produk atau proses produksi atau sistem operasi dsb.
- Mempunyai prototype atau contoh cabang yang berhasil dan bisa dilihat atau dikunjungi.
- Menguntungkan karena mempunyai keunggulan dalam usaha dan operasinya yang effisien & effektif.
- Mudah diduplikasi atau ditransfer usahanya atau diajarkan pada orang yang belum menguasai usaha tersebut.
- Telah distandarisasi dan mencapai tingkat effisiensi yang tinggi.
- Mempunyai consumersbase
- Produk atau jasanya berada di tingkat kedua atau ketiga dari lifecycle (tahap-tahap kehidupan) produk atau jasa.