Franchise atau waralaba yang awalnya adalah suatu konsep pemasaran berkembang menjadi suatu konsep bisnis yang mempunyai format dan memiliki kriteria-kriteria keunggulan.

Franchise merupakan juga suatu strategi perluasan.

Kriteria-kriteria tersebut adalah :

  1. Usaha telah sukses & dapat dibuktikan.
  2. Mempunyai keunikan baik didalam produk atau proses produksi atau sistem operasi dsb.
  3. Mempunyai prototype atau contoh cabang yang berhasil dan bisa dilihat atau dikunjungi.
  4. Menguntungkan karena mempunyai keunggulan dalam usaha dan operasinya yang effisien & effektif.
  5. Mudah diduplikasi atau ditransfer usahanya atau diajarkan pada orang yang belum menguasai usaha tersebut.
  6. Telah distandarisasi dan mencapai tingkat effisiensi yang tinggi.
  7. Mempunyai consumersbase
  8. Produk atau jasanya berada di tingkat kedua atau ketiga dari lifecycle (tahap-tahap kehidupan) produk atau jasa.

..