• Franchise adalah konsep pemasaran yang berkembang menjadi konsep bisnis dan strategi perluasan. Mengatasi masalah SDM & Pendanaan serta terpola pada kerjasama sederajat antara franchisor & franchisee. Franchise juga telah memanfaatkan skala ekonomi.
  • M.L.M. merupakan konsep distribusi dan strategi perluasan
  • Lisensi adalah perjanjian kerjasama antara pemilik barang/jasa kepada pihak penerima lisensi untuk mengunakan barang/jasa yang dilisensikan.                                                                                    Pelisensian adalah hak contractual untuk mengunakan bahan-bahan/materi-materi yang dilindungi dari pemilik atau dikuasai oleh pihak ketiga dengan suatu imbalan berupa royalty.
  • B.O. adalah peluang bisnis yang belum memenuhi kriteria-kriteria franchise, terutama kriteria no. 1 sampai 3 yaitu :  belum terbukti berhasil, belum mempunyai keunikan (tidak mudah ditiru), belum mempunyai prototype

..